obervasi
jaringan komputer
LAPORAN OBSERVASI JARINGAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
Latar
Belakang Masalah
Perkembangan
jaman sekarang ini Teknologi Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan tersendiri
bagi masyarakat Dunia. Dimana semua orang sudah mulai memiliki ketergantungan
terhadap alat-alat teknologi Informasi, terutama Komputer. Komputer sebagai
salah satu alat Teknologi Informasi kini sudah banyak sekali penggunaanya,
dengan berbagai pengembangan akhirnya pada tahun 1969 berhasil dibuat suatu
jaringan komputer dimana komputer-komputer dapat saling berhubungan dan pertama
kali jaringan komputer tersebut disebut dengan ARPANET. Seiring semakin
berkembangnya ARPANET, maka pada tahun 1972 mulailah jaringan komputer yang
kini kita sebut sebagai Internet mulai diperkenalkan. Dengan berbagai
perkembangan yang dilakukan para ahli terhadap konsep jaringankomputer, maka
sampai saat ini jaringan komputer sudah dapat terhubung dari satu belahan dunia
ke belahan dunia lainnya dengan jarak yang berjauhan.
Tujuan
utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (sumber daya),
dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer
lain yang berada dalam jaringan yang sama. Dengan banyaknya manfaat yang
dirasakan oleh para pengguna internet, maka internet kini sudah banyak
pemanfaatnya, misalnya di Bidang pendidikan, Ekonomi, Pemerintahan, dan yang
lainnya. Dalam bidang pendidikan, Internet dan atau jaringan komputer telah
banyak di manfaatkan untuk E-Learning, E-Library yang sangat memudahkan para
pelajar untukmendapatkan Informasi-informasi yang mereka butuhkan.
Mereka
dapat berbagi pengalaman mereka,
lagu-lagu, dan yang lainnya melalui media Internet. Pembelajaran lewat internet
yang telah banyak diterapkan disekolah-sekolah juga sangat banyak sekali
manfaatnya, dengan adanya Jaringan komputer yang diterapkan di sekolah-sekolah
itu akan memudahkan proses pembelajaran, ditambah dengan kemajuan teknologi
Wireless yang,sehingga para siswa sekolah dapat ber-internet dengan mudah di
lingkungan sekolah, yang tentunya ditujukan untuk bidang pendidikan pula. Untuk
mengetahui penggunaan jaringan yang di pakai di dunia pendidika
PEMBAHASAN
Jaringan
Komputer
Dalam
observasi ini saya membahas tentang lembaga organisasi sistem informasi yang di
dalamnya menyangkut tentang jaringan komputer
membahas tentang definisi-definisi dari Hardware, Software, dan Brainware
terlebih dahulu.
1. Hardware
Hardware disini adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan
dipegang secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi. Secara fisik, Komputer terdiri dari
beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen
yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen
tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada
komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen
perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, hardware dalam komputer dibagi menjadi 3, yakni
:
o Input
Input terdiri
dari keyboard dan mouse. Input ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan
data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang
umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard
dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau
permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai
gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
·
Peratalan input
langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics
tablet, scanner.
·
Peralatan input
tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses
oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. Peralatan input
ini terdiri dari beberapa macam bagian, yaitu :
Ø
Keyboard ,Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Ø Mouse , Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan
oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini
akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak
berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu
terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur
disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse
satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa
port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
·
Process
Process adalah microprocessor (ALU, Internal
Communication, Registers dan control section). Dan ini adalah alat yang
berfungsi untuk mengolah data dari alat input diproses supaya tersajikan
melalui alat output, dan alat ini terletak di CPU.
o Output
Output adalah alat yang berfungsi untuk
menampilkan data yang sudah diolah dari proses. Output terdiri dari, Monitor,
Printer, dan Speaker.
Ø
Monitor,Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa
gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan
data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam,
mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang
tipis dengan layar datar (flat).
Ø Printer, Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan
pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan
ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot Metrix, Printer Ink Jet,
dan Printer Laser Jet.
Ø
Speaker , Speaker adalah transduser yang
mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan
komponennya yang berbentuk selaput.
2. Software
Software merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat
program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Software adalah
program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data.
Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat
keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin
sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan
instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan
oleh manusia tersebut.
Software komputer berfungsi untuk
:
·
Mengidentifikasi program
·
Menyiapkan aplikasi program sehingga
tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
·
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih
efisien.
Adapun
macam-macam software, yakni:
v
Sistem Operasi
Sistem Operasi yaitu program yang
berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur
kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan
lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan
perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi
utama sistem operasi adalah:
Ø
Menyimpan program dan aksesnya
Ø
Membagi tugas di dalam CPU
Ø
Mengalokasikan tugas-tugas penting
Ø
Merekam sumber-sumber data
Ø
Mengatur memori sistem termasuk
penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
Ø
Memeriksa kesalahan sistem
Ø
Multitugas pada OS/2″, Windows ’95″,
Windows ’98″, Windows NT”, /2000/XP
Ø
Memelihara keamanan
sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password)
dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft
Windows, Linux, dan Unix.Di dalam lembaga Al-Yasini, mereka menggunakan sistem
jaringan Wifi dan Jibas. Yang dimaksud Jibas yaitu jaringan informasi bersama.
Jibas ini digunakan secara Online dalam bentuk file. Semua data di sekolah ini
sudah masuk kedalam Jibas. Dalam lembaga ini, Jibas baru digunakan pada tahun
2012. Yayasan Al-Yasini merupakan pusat tempat servernya.
v
Program
Aplikasi
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk
kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar
kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain. Program Aplikasi
yang digunakan didalam lembaga Al-Yasini yaitu berupa Linux dan Windows. Linux
disini mempunyai kode sumber terbuka atau bersifat umum dan juga diperbolehkan
untuk merubah kodenya. Dari lingkungan masyarakat disekitar Al-Yasini banyak
yang menggunakan Linux, Dikarenakan gratis atau tidak dipungut biaya. Tetapi
Linux lebih sulit pemakaiannya dari pada windows, Itulah kekurangan Linux.
Adapun kelebihan dan kekurangan Linux yaitu, pada kelebihannya Linux sangat
kebal terhadab virus, jadi 99% tidak mungkin terkena virus. Dan jika digunakan
untuk mendownload atau yang lain Linux itu gratis atau tanpa dipungut biaya.
Dan salah satu dari kekurangan Linux yaitu lebih sulit memakainya dari pada
Window yang slama ini kita pelajari.
Demikian dengan Windows, Windows juga memiliki kelebihan dan kekurangan
sama halnya dengan Linux. Kelebihan Windows salah satunya yaitu lebih mudah
pemakaiannya. Sedangkan untuk kekurangan Windows yaitu sering mudah terkena
virus dan tidak kebal terhadap virus (banyak virus), dan juga harga Windows
relatif mahal.
3. Brainware
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam
mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai
perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari
Hardware maupun Software. Brainware termasuk bagian penting dari sebuah sistem
komputer. Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Software, sedangkan Software
dan Hardware tidak dapat bekerja tanpa adanya Brainware.
Jadi 3 komponen ini saling terkait dan saling
membutuhkan. Konsep Hardware – Software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan
satu dengan lainnya. Untuk tahap pertama, manusia hasrus memasukkan program
terlebih dahulu ke dalam komputer. Setelah program tersimpan di dalam komputer,
maka komputer baru bisa bekerja untuk membantu manusia di dalam menyelesaikan
persoalan ataupun pekerjaannya. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter
(sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan
orang-orang yang sedang menggunakan komputer.
Adapun komponen-komponen dari Brainware yakni:
o Sistem Operasi
Operator yakni orang yang bertanggung
jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer, dan orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool
programming yang tersedia di dalam komputer. Dalam lembaga yang bertanggung jawab
untuk mengoperasikan jaringan komputer adalah semua warga sekolah yaitu para
siswa-siswi dan para guru.
o Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu
sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau
jaringan komputer. Adapun untuk administrator dalam lembaga.
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Dari laporan yang kami
susun, kita dapat menyimpulkan bahwa antara Hardware, Software, dan Brainware
adalah satu kesatuan. Yang artinya
bahwa Hardware, Software, dan Brainware merupakan elemen atau pondasi penting
untuk membangun sebuah komputer yang memiliki fungsionalitas dan berguna bagi
manusia.
Adapun kekurangan dan kelebihan Linux dan Window disini adalah mempunyai
kelebihan dan kekurangan yang sama:
- Kelebihan Linux
Kebal terhadap virus, dan tanpa dipungut biaya.
- Kekurangan
Linux
Sulit pemakaiannya
- Kelebihan
Windows
Mudah penggunaannya, dan harganya murah
- Kekurangan
Windows
Banyak virus
2. Saran
Dalam laporan observasi ini yang masih perlu di diskusikan dan masih banyak
kekurangannya dalam isi dan lain sebagainya. Disini kami mengharap saran kepada
pembaca untuk membantu kesempurnaan makalah
yang sudah kami susun
ini. Karena kami juga masih membutuhkan referensi-referensi lain untuk
menyempurnakan makalah kami.
Kebenaran menurut kita belum tentu benar bagi orang lain,
Kebenaran orang lain belum tentu sama benar dengan kita, dan kebenaran menurut kita
semua belum tentu benar bagi Tuhan Yang Maha Esa.
No comments:
Post a Comment